Apa sich aplikasi itu ?

July 31, 2008

Barusan debat ma boz, tentang aplikasi DMS yang menggunakan Filenet, bagi yang belum tahu apa itu Filenet ya bisa dikasih gambaran sedikit lah, software produk dari IBM (barusan diakuisisi, emang gila nih si IBM, segala maunya dikuasai, bahkan si Cognos denger-denger juga baru 7 bulan diakuisisi ma mereka). Si Filenet ini mengkhususkan diri di bidang Documen Management System (DMS) dengan menerapkan konsep workflow yang kata mereka bagus. Hemm…apa iya sih. Marketing boleh aja bilang tuh produk bagus, tapi tanpa dukungan product support dan technical support yang memadai apanya yang bagus. Dengan berkilah dibalik segudang alasan, termasuk kalau product ini baru diluncurkan di Indonesia, itu saja menandakan kalau product ini sebenarnya belum mature dikuasai oleh kita, jadi kenapa kita harus memakainya.

Itu tadi bahan perdebatanku dengan sang boz, gile, produk yang mahal (tau sendiri lah gimana harga produk IBM) gak keliatan powerfull nya. Jadi inget satu pertanyaan bagus, buat apa sih kita bikin aplikasi ? Setau ku sih munculnya aplikasi dikarenakan adanya permasalahan di dalam proses yang bisa jadi masih dikerjakan secara manual / semi elektronik yang mungkin saja menyulitkan, sehingga aplikasi diperlukan untuk mempermudah dan mempercepat proses tersebut. Lha kalau sekarang aplikasi yang kita bikin dengan tools yang ga punya kemampuan apa-apa, trus dimana letak keunggulan aplikasi tersebut dibanding proses sebelumnya ?

Kayaknya perlu diusulkan supaya si boz kuliah system informasi lagi nih….

Advertisements

Pelajaran dari “Tragedi Sopan Shopiaan”

May 19, 2008

Hari sabtu kemarin ada kejadian mengejutkan, seorang aktor gaek Sopan Sophiaan meninggal karena kecelakaan terjatuh dari motor gedhe nya di jembatan Brang Lor (bukan Planglor seperti di sebut di beberapa televisi) didaerah Ngawi. Sedikit terkejut dan akhirnya berujung sedih, bukan karena kehilangan seorang aktor/politisi ternama yang menjadi sebabnya namun lebih kepada betapa sekarang negeri kita menjadi amburadul, tidak terkontrol dan hancur sampai-sampai sebuah jalur jalan provinsi yang menjadi urat nadi pulau jawa menjadi sedemikian rusak tanpa ada kemampuan untuk memperbaikinya. Baru tadi malam baca di running text sebuah tv swasta yang menyebutkan pemerintah daerah setempat tidak mampu memperbaiki jalan tersebut karena ketidak tersediaan dana.

Mengingat jalur tersebut adalah jalan provinsi seharusnya tidak hanya pemda Ngawi saja yang memikirkan perbaikannya, namun pemprov jatim pun seharusnya ikut serta dalam usaha perbaikan. Ironis, untuk perbaikan jalan yang menentukan hajat hidup orang banyak, mereka tidak memiliki dana, namun untuk persoalan pilkada lain lagi. Dana 600 Milyar untuk pilkada gubernur jawa timur pun sanggup mereka sediakan, lihat pula pilkada kota ngawi yang menghabiskan 12,5 Milyar, bagaimana mungkin tidak ada dana. Apakah harus menunggu nyawa melayang sia-sia baru melakukan perbaikan. Saya harap, kedepan tidak ada lagi sopan sophiaan lain yang harus kehilangan nyawanya hanya karena pemimpin kita lebih mementingkan demokrasi dan mengorbankan kesejahteraan rakyatnya.

Insert multiple row to MSSQL

March 5, 2008

Bingung…bingung. Sudah dua hari ini mentok bikin script buat nge ‘DUMP’ data ke SQL Server. Masih kebawa suasana MySQL yang biasanya cukup nulis:

INSERT INTO table (column1, [column2, ... ])
VALUES (value1a, [value1b, ...]),
(value2a, [value2b, ...]),

tuh data dah masuk ke kandangnya. Eh, giliran bikin query lewat MSSQL nggak bisa ya bikin multiple insert model kaya begitu. Setelah nanya paman google nah ketauan kalo MSSQL tuh beda cara nanganin multiple insert. Mungkin ada yang nanya, kenapa nggak ditulis aja:

INSERT INTO table (column1, column2) VALUES (value1,value2)
INSERT INSERT INTO table (column1, column2) VALUES (value3,value4)

He…he…he…itu mah multiple query dan bukan multiple insert. Beda, karena kita harus bikin dua koneksi buat insert tuh data, tapi kalo multiple insert tuh cukup satu kali koneksi ke database semua data bisa langsung kesimpen. Nah kalo di MSSQL tuh kita bisa masukin multiple value dengan cara begini:

INSERT INTO table (column1, column2)
SELECT value1,value2
UNION ALL
SELECT value3,value4;

Tapi tunggu, ternyata column1 tuh ternyata merupakan Identity dan begitu kita input data ternyata keluar error:

Cannot insert explicit value for identity column in table 'table' when IDENTITY_INSERT is set to OFF.

gimana dong? Gampang, tinggal tambahin aja satu baris diatasnya dengan

SET IDENTITY_INSERT table ON

Oh ya, SET IDENTITY_INSERT ON ini hanya berlaku untuk satu tabel saja, jadi kalo kita ingin insert data ke tabel lainnya yang juga memiliki identity column maka tabel yang pertama harus kita off dulu IDENTITY_INSERT nya. Jadi query untuk tabel yang kedua akan jadi begini

SET IDENTITY_INSERT table1 OFF
SET IDENTITY_INSERT table2 ON
INSERT INTO table2 (column2a, column2b)
SELECT value2a,value2b
UNION ALL
SELECT value2c,value2d;

Oke, cukup segini dulu ya, nanti kita sambung lagi.

Bingung bikin slide ?

March 4, 2008

Pernah kesulitan cari ide buat bikin presentasi? Bos minta cepet dibikinin? Jangan kuatir, sekarang dah ada yang namanya situs khusus buat saling share slide. Coba cari aja slide ato presentasi yang mau kalian bikin di http://slideshare.net, lumayan lengkap lho dan kategorinya juga banyak. Oh ya, disitus ini ada beberapa slide yang memang diijinin sama pemiliknya untuk didownload dan enaknya kita bisa pake download accelerator loh.

Ok, buruan tuh si bos dah nunggu presentasinya.

ITS Riwayatmu Dulu….hiks

March 1, 2008

Ini bukan syair dari sebuah lagu, bukan pula mau menyaingi mama loreng tentang ramal-meramal yang sampe sekarang nggak jelas juntrungannya, ataupun ingin mengenang kehidupan selama 5 tahun di ITS (Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya) dari ngejar-ngejar dosen minta tanda tangan sampe ngejar-ngejar cewek yang sedihnya sampe sekarang pun nggak pernah dapat (hiks). Judul ini yang jelas adalah kata-kata yang akan kita ucapkan kalau memang benar sampe bertahun-tahun perkara Lapindo tidak jelas penyelesaiannya ( Baca: Soal Lapindo, Otak Kami Nggak Nyampai! ). Ngeri membayangkan kalau benar-benar apa yang diungkapkan oleh Ir. Lili Puji Astuti tersebut menjadi kenyataan, kampus kenanganku ITS akan menjadi sejarah karena kelelep…hiks..hiks.